Tahun baru adalah suatu perayaan berakhirnya masa satu tahun dan dimulainya hitungan tahun selanjutnya dan merupakan perayaan tertua didunia. Semua budaya yang memiliki kalender tahunan mempunyai perayaan tahun baru. Di Indonesia, tahun baru jatuh pada tanggal 1 Januari karena Indonesia mengadopsi kalender Gregorian sama seperti negara-negara di dunia.

SEJARAH

Partama keli tahun baru dirayakan pada tanggal 1 Januari 45 SM . Setelah Julius Caesar dinobatkan sebagai Kaisar Roma, ia memustuskan untuk mengganti penanggalan tradisional Romawi yang diciptakan sejak abad ke-7 SM. Julius Caesar mendesain kalender baru dibantu oleh Sosigenes (seorang ahli astronomi dari Iskandariyah), yang menyarankan agar penanggalan baru dibuat dengan mengikuti revolusi matahari, seperti yang dilakukan orang Mesir. Dalam penanggalan baru satu 1 tahun dihitung sebanyak 365 seperempat hari dan Caesar menambahkan 67 hari pada tahun 45 SM sehingga tahun 46 SM dimulai pada tanggal 1 Januari. Caesar juga memerintahkan agar setiap 4 tahun, pada bulan Februari ditambahkan 1 hari yang secara teoritis bisa menghindari penyimpangan dalam kalender baru. Sebelum Caesar terbunuh pada tahun 44 SM, dia mengubah nama bulan Quintilis dengan namanya, yaitu Julius atau Juli. Kemudian nama bulan Sextilis diganti dengan nama pengganti Julius Caesar, yaitu Kaisar Augustus menjadi bulan Agustus.

Tahun baru di dunia

  • Dalam kalender Baha’I, tahun baru jatuh pada tanggal 21 Maret yang disebut Naw Ruz
  • Rosh hasanah adalah perayaan tahun baru bagi umat Yahudi. Hari tersebut jatuh sebelum tanggal 5 September pada kalender Gregorian
  • Tahun baru Hijriyah dalam kalender Hijriyah dirayakan setiap tanggal 1 Muharam
  • Tahun baru Thailand dirayakan mulai tanggal 13 April hingga 15 April dengan upacara penyiraman air
  • Tahun baru Tiongkok atau Imlek jatuh pada malam bulan baru pada musim dingin (antara akhir Januari hingga awal Februari)
  • Tahun baru Vietnam disebut Tết Nguyên Đán, dirayakan pada hari yang sama dengan Imlek